Melestarikan Bahasa Melalui Pekan Bahasa 2022

Dalam rangka bulan bahasa dan sastra 2022, SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan kembali mengadakan Pekan Bahasa pada Senin-Kamis, 17-19 Oktober 2022.

Pekan Bahasa tahun ini mengusung tema Keragaman Budaya Indonesia dengan tagline Beragam Budayaku Bersatu Bangsaku. Pekan Bahasa tahun ini dilakukan selama 4 hari berturut-turut. Pada hari pertama,seluruh siswa melakukan kegiatan Mass Literacy dimana setiap siswa wajib membawa buku cerita. Para guru mengarahkan siswa menuju ke Aula sesuai dengan jadwal masing-masing kelas.

Setiap siswa membaca buku yang dibawa dari rumah kemudian siswa menceritakan Kembali apa isi dari buku yang dibacanya. Jika para siswa sudah selesai membaca, siswa juga dapat bertukar buku kepada teman di sebelahnya.

Selanjutnya di hari ke dua, Para siswa antusias mengikuti berbagai lomba yang diadakan oleh sekolah. Diantaranya : lomba membaca puisi, lomba menyanyikan lagu daerah, lomba story telling (English), lomba spelling bee (level beginner, dan leverl intermediate-advance), lomba cipta karya berupa gambar bercerita dan cerita pendek, serta lomba kirab budaya.

Adapun lomba kirab budaya diadakan pada hari Rabu dan Kamis. Pada hari Rabu, terdapat 6 kelas yang turut berpartisipasi dalam kirab. Sedangkan pada hari Kamis terdapat 7 kelas yang turut meramaikan kirab. Setiap kelas mengusung adat daerah masing-masing sesuai dengan ketentuan. Adat daerah yang diusung merupakan daerah dari sabang sampai merauke.

Kirab dilakukan dari halaman depan Sekolah Islam Al Azhar 60 Pekalongan dilanjutkan menuju area samping sekolah dan menuju amphitheater hingga menuju ke panggung utama yang berada di Aula. Kegiatan Pekan Bahasa ini tentunya menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk melestarikan bahasa dan upaya sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Melalui kegiatan ini pula, para siswa dapat lebih bangga dan mencintai keragaman juga kekayaan NKRI.

Popular Artikel
Mengenal Disiplin Positif dan Manfaatnya untuk Anak
Memiliki anak yang disiplin menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh para orang tua. Berbagai car..
Meneladani Uwais Al Qarni Sang Penduduk Langit
Islam selalu mengajarkan dan memberikan sosok yang patut diteladani di setiap zaman. Salah satu soso..
HABITUASI SEBAGAI AJANG BERBENAH DIRI
Tanggungjawab bagi seseorang yang beragama tentu bisa menjalankan kewajiban atas dirinya sendiri, sa..